Minggu, 26 September 2010

TUGAS TOPOLOGI

Tugas 1

1. Menggunakan Internet untuk keperluan informasi dan komunikasi.
1.1. Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses internet.



Soal :

1. Mencari informasi/artikel perangkat keras untuk akses internet.
2. Download beberapa layanan Browser Software, misalnya :
a. Mozilla Firefox 3 ke atas.
b. Internet Explorer versi 7 ke atas.
c. Opera
d. Safari
e. Netscape Navigator.
3. Topologi Komputer Jaringan (LAN = Local Area Network).
4. Sistem Kode Dalam TCP/IP
5. Cara Setting IP Address Dalam Komputer Jaringan
6. Cara Setting DNS Server Address Dalam Komputer Jaringan.
7. Jenis Modem, Kegunaan dan Cara Settingnya.
8. Trouble Shooting Dalam TCP/IP.
9. Trouble Shooting Dalam Modem Internet.

Jawab :
1.PERANGKAT KERAS INTERNET
Untuk bisa mengakses Internet, ada beberapa Perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan, yaitu:

1.Komputer
2. Modem
3. Saluran Telepon

Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi berikut:

Processor
merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.


RAM (Random Access Memory)
berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB



Harddisk
digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB

VGA card
merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB

Monitor
merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.


Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima
sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:

Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada 2 macam, yaitu:
Modem Internet
Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada
slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. Adapun keuntungan menggunakan modem internal sebagi berikut.
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut:
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga
membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b) Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal.
a) harga lebih mahal dari pada modem internal
b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line)

ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
Line telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet.
Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modemdial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
Selain ketiga perangkat utama di atas (computer, modem, saluran telpon) terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:
Hub/Switch
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.
Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.
Brige
Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.
Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda.

3.. Ada banyak pengertian tentang Topologi Jaringan LAN ini, tapi saya disini mendifenisikan bahwa Topologi Jaringan adalah susunan lintasan aliran data didalam jaringan yang secara fisik mengswitchungkan simpul yang satu dengan simpul lainnya. Berikut ini adalah beberapa topologi jaringan yang ada dan dipakai hingga saat ini, yaitu:

Topologi Star
Beberapa simpul/node yang diswitchungkan dengan simpul pusat/host, yang membentuk jaringan fisik seperti bintang, semua komunikasi ditangani langsung dan dikelola oleh host yang berupa mainframe komputer seperti Switch hub.
Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang jaringan yang lainnya.berikut ini gambar topologi star sebagai gambaran.



Topologi Hierarkis
Berbentuk seperti pohon bercabang yang terditi dari komputer induk (host) yang diswitchungkan dengan simpul atau node lain secara berjenjang, jenjang yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengetur kerja jenjang dibawahnya, biasanya topologi ini digunakan oleh perusahaan besar atau lembaga besar yang mempunyai beberapa cabang daerah, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.berikut ini gambar topologi Hierarkis sebagai gambaran.



Topologi Bus
Beberapa simpul/node diswitchungkan dengan jalur data (bus). Masing2 node dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yang berbeda namun semua mempunyai hierarki yang sama.
Topologi ini biasanya menggunakan kabel Coaxial, yang sekarang sudah sangat jarang digunakan atau di implementasikan.
berikut ini gambar topologi Bus sebagai gambaran.



Topologi Ring
Di dalam topologi Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer lain, bila alamat- alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan. Kelemahan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang dilewatkan dalam jaringan, sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. Keunggulan topologi Ring adalah tidak terjadinya collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topologi Bus, karena hanya satu node dapat mengirimkan data pada suatu saat, dan yang lainnya menggu hingga pengiriman data selesai.berikut ini gambar topologi Bus sebagai gambaran.


4. TCP/IP singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocolprotocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak(software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (
Protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai alamat IP (IP Address) yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya di Internet. Protokol ini juga bersifat routable yang berarti protokol ini cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.
Protokol TCP/IP selalu berevolusi seiring dengan waktu, mengingat semakin banyaknya kebutuhan terhadap jaringan komputer dan Internet. Pengembangan ini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Enggineering Task Force (IETF). Macam-macam protokol yang berjalan di atas TCP/IP, skema pengalamatan, dan konsep TCP/IP didefinisikan dalam dokumen yang disebut sebagai Request for Comments (RFC) yang dikeluarkan oleh IETF.



5. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu mengatur sendiri Alamat IP Anda, di antaranya saat anda ingin membuat list penggunaan IP pada sebuah jaringan kantor misalnya.
Berikut ini sedikit dijabarkan mengenai cara untuk melakukan setting IP Address pada komputer windows anda.
Langkah-langkahnya
Buka Menu Start di pojok kiri bawah dan pilih control panel dari menu.
Klik ikon Network Connections. Kemudian pilih icon Local Area Network.
Bila msh dalam kondisi disable, enable-kan dulu kemudian klik kiri dan pilih menu properties.
Pada kotak dialog isikan IP Adress, Subnet Mask, Default Gateway, dan DNS Server anda.
Secara default, mode DHCP akan dipilih bila anda tidak melakukan konfigurasi di atas, mode DHCP akan meminta konfigurasi network anda pada sebuah server DHCP di jaringan, sehingga anda tidak lagi direpotkan untuk melakukan konfigurasi.

6. Membuat DNS Server pada jaringan lokal
linux/unix, by danu.
Untuk memberikan nama domain pada suatu mesin/server maka dibutuhkanlah DNS Server. DNS server berfungsi untuk menterjemahkan alamat IP sebuah server menjadi nama domain. Seperti contoh http://danubudi.web.id mempunyai IP : 66.197.178.245 atau www.friendster.com mempunyai alamat IP (pada salah satu servernya) : 209.11.168.112 (karena Friendster mempunyai 6 server), jadi secara mudahnya ketika seseorang mengakses/merequest situs http://danubudi.web.id oleh DNS request tersebut akan diarahkan ke server yang memiliki IP : 66.197.178.245.
Pada percobaan kali ini dilakukan pada mesin OpenSuse 11 pada jaringan lokal. kebanyakan sistem operasi Linux sebagian besar distro sudah memiliki Bind yang merupakan software DNS Server.
Langkah Pertama
melakukan installasi DNS Server (jika sudah ada pada mesin anda maka tahapan ini langsung dilewati)
Langkah Kedua
melakukan seting pada konfigurasi DNS
lokasi file : /etc/named.conf
# is the definition of the root name servers. The second one defines
# localhost while the third defines the reverse lookup for localhost.
zone “.” in {
type hint;
file “root.hint”;
};
zone “localhost” in {
type master;
file “localhost.zone”;
};
zone “0.0.127.in-addr.arpa” in {
type master;
file “127.0.0.zone”;
};
# Include the meta include file generated by createNamedConfInclude. This
# includes all files as configured in NAMED_CONF_INCLUDE_FILES from
# /etc/sysconfig/named
zone “jaringanlokal.net” {
type master;
file “/var/lib/named/db.jaringanlokal.net”;
};
zone “0.0.10.in-addr.arpa” { ——-> 3 byte pertama dari ip server dibalik
type master;
file “/var/lib/named/db.10.0.0″;
};
nb: yang berwarna biru adalah konfigurasi yang kita masukkan pada file tersebut yang mendefinisikan domain yang kita buat
Langkah Ketiga
membuat file master pada zone domain dan zona reversed
Zona Domain
lokasi file : /var/lib/named/db.jaringanterdistribusi.net
$TTL 86400
@ IN SOA jaringanlokal.net. root.jaringanlokal.net. (
20090331 ;Serial
604800 ;Refresh
86400 ;Retry
2419200 ;Expire
604800) ; Negative Cache TTL
;
@ IN NS ns.jaringanterdistribusi.net.
@ IN A 10.0.0.20 –> menunjukkan IP DNS
Zona Reversed Domain
lokasi file : /var/lib/named/db.10.0.0
$TTL 86400
@ IN SOA jaringanterdistribusi.net. root.jaringanterdistribusi.net. (
20090331 ;Serial
604800 ;Refresh
86400 ;Retry
2419200 ;Expire
604800 ) ; Negative Cache TTL
;
IN NS ns.jaringanterdistribusi.net.
20 IN PTR www.jaringanlokal.net. –> 20 adalah byte IP terakhir pada mesin anda
Langkah Keempat
Melakukan seting pada file DNS
lokasi file : /etc/resolv.conf
domain www.jaringanlokal.net
search jaringanlokal.net
nameserver 10.0.0.20
Langkah Kelima
Restart Service DNS
# service named restart
Langkah Keenam
Melakukan test domain
bisa menggunakan perintah host ataupun nslookup
danoe:/ # host jaringanlokal.net
jaringanlokal.net has address 10.0.0.20
danoe:/ # nslookup jaringanlokal.net
Server: 10.0.0.20
Address: 10.0.0.20#53
Name: jaringanlokal.net
Address: 10.0.0.20
Langkah Ketujuh
Seting komputer client :
Pada komputer client yang mengakses maka DNS diarahkan ke alamat DNS yang dibuat pada kasus ini alamat DNS adalah 10.0.0.20 dan pada browser harus dipastikan bahwa koneksi yang digunakan adalah directly connected to Internet atau tanpa menggunakan proxy

7. Jenis-Jenis Modem,Kegunaanya serta Cara Settingnya
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Jenis modem
Modem 3GP
Modem GSM
Singkatan dari Modulator dan demodulator. Modem berfungsi untuk memasukkan sinyal informasi ke gelombang pembawa; Sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal informasi dari sinyal gabungan. Modem terbagi atas: 1. Amplitude Modulation ( AM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitude gelombang pembawa sesuai dengan amplitude sinyal informasi. 2. Frequency Modulation ( FM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frequency gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi. 3. Pulse Modulation ( PM ), yaitu system modulasi pulsa dapat dibedakan menjadi :
PAM ( Pulse Amplitude Modulation ), amplitudo gelombang pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan sinyal informasi.
b. PPM ( Pulse Position Modulation ), yaitu posisi pulsa berubah-ubah sesuai sudut phasa sinyal informasi.
c. PWM ( Pulse Width Modulation ), jarak antar pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal pembawa.
Digital Modulation, terdiri dari :
FSK ( Frequency Shift Keying ), yaitu pergeseran pulsa pembawa sesuai dengan besar bilangan biner (sinyal analog yang 'dikodekan
Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
Modem ADSL
Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.
Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem
Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
... UMTS). Dikatakan demikian, karena melalui HSDPA terbentuklah saluran W-CDMA yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang ... ... tem WCDMA (wideband CDMA)
2.Modem CDMA
Diantara jenis-jenis Modem yang ada di pasaran sekarang 56K atau 33.6K
WinHsp (Zoltrix, Well dan lain-lain lagi).
GVC
Compaq Preserio
MP23, MP32 (Acer Pentium 100Mhz hingga ke MMX 233Mhz)
USB Modem

WinHsp Chip
Jenis ini terbahagi kepada dua... Plug & Play dan manual.. kalau anda dah beli jenis PnP kirer mudah ler.. apabila anda memulakan operasi komputer anda, komputer anda akan memberi tahu "found new hardware" dan akan meminta driver dari pemacu A:>... apa yang anda perlu buat adalah "browse" dan cari driver berkenaan (CD atau Disket) kalau diskett tak susah sangat... "browse" diskett tersebut dan cari directory Win95. Ini kena mengikut OS apa yang kengkawan gunakan (Win 3.11, Win95, Win NT dan Win 95) setelah "browse" dan masuk ke directory berkenaan kengkawan akan dapati fail yang tertera pada kotak sama dengan aper yang kita cari... terusjer pilih.. Komputer akan laksanakan terus dengan sendirinya. Bagi mengetahui hasilnya. "shut down" dulu komputer kengkawan dan on semula.
Klik butang My Computer, pergi ke "Control Panel" dan Klik Modem, akan terdapat nama modem yang telah di install tadi.. pegi ke "diagnostics", klik butang tersebut. Sekiranya Modem tersebut berkerja, segala data keperluan sesuatu modem akan dikeluarkan di paparan kotak putih tersebut. Maka siaplah penginstalan Modem tersebut.
WinHsp Chip bukan jenis PnP.
Klik My Computer, klik Add New Hardware, next dan jawab No, klik port (com & LPT). dan klik next, have disk dan browse A:> atau d:> mengikut dimana letaknya driver berkenaan (Win 3.11, Win95, Win NT dan Win 95). Shut down komputer. Akan tertera WinHsp Comunication Port, comp 3 atau 4.
Klik butang My Computer, pergi ke "Control Panel" dan Klik Modem, add modem dan klik have disk, pilih di mana letak driver berkenaan (ikut langkah paragraph di atas). Modem yang akan tertera adalah jenis WinHsp. Untuk mengetahui modem tersebut berkerja, ikut langkah paragraph biru.... ingat... shutdown komputer dulu.


GVC
Modem ini lagi senang.... pergi ke My Computer, klik add new hardware. klik next dan klik yes... Tunguuuuuuuu... di penghabisannya klik detail... akan tertera Comunication Port. Shutdown komputer anda... dan on semula.. Komputer anda akan memberi tahu "found new hardware" dan masukan diskett drivers ke Pemacu yang terlibat.... komputer anda akan melakukan terus pengkopian driver tersebut. Langkah seterusnya shut down computer dan on semula dan ikut panduan WinHsp Chip biru.
Compaq Preserio 33.6
Jenama ini sama caranya dengan WinHsp bukan PnP. Cuma ianya lebih mencabar. rata-rata banyak pengguna yang tidak dapat menginstallkan modem jenis ini. Modem jenis ini memerlukan com port 1 di "disable". sesuatu bios akan terdapat Com port yang boleh di dis/ena. disable kan com 1. bagi penggunakan mouse pada com 1 anda boleh lah mengubah kepada comp 2 dengan cara menukar "gandernya" dari com 1 kepada com 2. Ini bermakna mouse anda akan berkerja dengan comp 2.
Ikut langkah WinChip bukan PnP. Cuma bezanya hanya nama Com port dia Modem port.
teruskan ikut langkah Text hitam cuma jenama modem akan diberitahu ia modem jenis Lt Win.
MP 23/32 Acer A Open
Jenama ini hanya terdapat pada sesiapa yang mengunakan Computer Jenama Acer. Jenama ini adalah jenis PnP dan berkongsi dengan Sound Card. Selalunya komputer ini telah di setkan terus driver-drivernya oleh pembekal Acer. Buat pengetahun semua, OS jenama acer ini telah di Preloaded terlebih awal kedalam H/Disk. segala driver-drivernya dengan sendiri akan terjadi.
Tetapi bagi pengguna yang telah kehilangan Driver berkenaan boleh lah pergi ke control panel dan carik system propeties. disini klik device manager. pilih sound, video dan games controler. klik dan remove semuanya.
Shutdown komputer.
Apabila anda memulakan operasi komputer anda, komputer anda akan memberi tahu "found new hardware" dan akan meminta driver dari pemacu A:>... apa yang anda perlu buat adalah "browse" dan cari driver berkenaan (CD atau Disket) kalau diskett tak susah sangat... "browse" diskett tersebut dan cari directory Win95. Ini kena mengikut OS apa yang kengkawan gunakan (Win 3.11, Win95, Win NT dan Win 95) setelah "browse" dan masuk ke directory berkenaan kengkawan akan dapati fail yang tertera pada kotak sama dengan aper yang kita cari... terusjer pilih.. Komputer akan laksanakan terus dengan sendirinya. Bagi mengetahui hasilnya. "shut down" dulu komputer kengkawan dan on semula.
Sekiranya tidak dapat ini bermakna anda kene keluar duit untuk beli yang baru.. kalau nak beli yang baru adalah digalakkan dari jenis External.


8. Trouble Shooting TCP/IP
Misalkan komputer Linux anda mestinya tersambung ke network, tapi kok tidak jalan. Bagaimana mencari tahu salahnya, sekaligus membetulkan ? Level: Wannabee
Pertama, bayangkan bahwa kalau anda kirim paket network, urut-urutan jalannya adalah sebagai berikut:
1. Aplikasi
2. Protocol TCP/IP
3. Driver Kernal
4. Card network
5. Kabel network
6. Komputer lain (gateway)
7. Internet
Secara singkat, algoritma trouble shooting adalah sbb:
1. TEST DEVICE. Kalau benar loncat ke TEST TCP/IP. Kalau salah SET DEVICE lalu coba lagi. Kalau masih salah juga, periksa CARD dan DRIVER kernel Linux anda.
2. TEST TCP/IP. Kalau benar loncat ke TEST PING, kalau salah ke SET TCP/IP lalu coba lagi.
3. TEST PING-GATEWAY. Kalau benar loncat ke TEST PING, kalau salah PERIKSA KABEL.
4. TEST PING-INTERNET. Kalau benar ya sudah, selesai. Kalau salah, set routing lalu coba lagi. Kalau masih salah juga, tamat riwayat dah. Sambungan Internet anda pasti sedang putus.
Sekarang detailnya. Untuk trouble shooting kita pakai CLI (command line interface) saja. Jadi luncurkan terminal dan su jadi root, atau login di console sebagai root.TEST DEVICE
Pertama, coba test device network anda memang sudah ada. Caranya …
root@engrob4:# cat /proc/net/dev
Inter-| Receive | Transmit
face | (dipotong biar tidak kepanjangan)
lo: 83505 .............
eth0: 650720962 ........
Yang penting di sini, lihat kalau sudah ada baris eth0:. Kalau ada, artinya device eth0 anda sudah UP. Silahkan lanjut ke TEST TCP/IP. Kalau belum, siap-siap kerja berat Agar device eth0 UP, Linux anda mesti memuat driver yang sesuai dengan network card anda. Biasanya, hal ini otomatis di autodetect oleh distro anda. Di Vector Linux, coba:
root:# vlautosetup
Kalau tidak bisa autodetect, cilaka deh. Coba cara manual, edit file /etc/modules.conf. Anda mesti tambah baris seperti ini:
## Untuk ethernet card Intel Express 100
alias eth0 e100
## Ini buat NE200 compatible
# alias eth0 ne2k-pci
## Ini buat realtek
# alias eth0 8139too
Secara teknis, baris itu memberi tahu untuk memuat driver yang tepat bagi device eth0. Jadi … ya anda mesti tahu benar apa tipe network card anda, dan apa driver yang diperlukan. Driver yang disediakan kernal anda bisa dilihat di
## ganti versi sesuai kernel anda
root:# ls /lib/modules/2.4.26/kernel/drivers/net/
Duh, sorry kalau terlalu low level. Habis mau bagaimana lagi. Jadi … berdoa saja supaya autodetect-nya jalan Usaha terakhir, anda bisa coba ganti network card (barangkali rusak) atau kompile ulang kernal (barangkali driver belum ada).
TEST PROTOCOL
Ok, asumsi device sudah UP. Mari test apakah protokol TCP/IP anda sudah jalan
root:# ifconfig
eth0 Link encap:Ethernet HWaddr 00:A0:C9:5F:1E:DF
inet addr:10.0.0.100 Bcast:10.0.0.255 Mask:255.255.255.0
UP BROADCAST RUNNING MULTICAST MTU:1500 Metric:1
RX packets:1963997 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:1883860 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:1000
RX bytes:650565316 (620.4 Mb) TX bytes:645290505 (615.3 Mb)
Interrupt:5 Base address:0xd800 Memory:e0100000-e0100038

lo Link encap:Local Loopback
inet addr:127.0.0.1 Mask:255.0.0.0
UP LOOPBACK RUNNING MTU:16436 Metric:1
RX packets:756 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:756 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:0
RX bytes:83505 (81.5 Kb) TX bytes:83505 (81.5 Kb)
Lihat kalau eth0 sudah ada dan benar IP-nya. Kalau iya, anda bisa langsung loncat ke TEST PING.Kalau belum seperti itu, anda perlu set ulang TCP/IP. Di Slackware atau Vector Linux, jalankan ‘netconfig’, atau edit file /etc/rc.d/rc.inet1. Distro lain pasti ada juga menunya, coba dicari. Kalau nggak ketemu, ini cara klasik.
## ganti 10.0.0.100 dan 255.255.255.0 sesuai network anda
root:# ifconfig eth0 10.0.0.100 netmask 255.255.255.0 up

## Coba test lagi
root:# ifconfig eth0
Mestinya network anda akan jalan. Kalau sampai nggak jalan, kernel anda tidak support TCP/IP. Rasanya nggak mungkin deh.TEST PING GATEWAY
Sampai tahap ini, network internal di komputer anda sudah beres. Kita akan coba koneksi keluarnya. Untuk itu anda harus tahu alamat IP gateway di network anda.
## ganti 10.0.0.254 dengan alamat gateway anda
root:# ping -c 3 10.0.0.254
PING 10.0.0.254 (84) bytes of data.
64 bytes from 10.0.0.254: icmp_seq=1 ttl=255 time=4.61 ms
64 bytes from 10.0.0.254: icmp_seq=2 ttl=255 time=1.10 ms
64 bytes from 10.0.0.254: icmp_seq=3 ttl=255 time=1.05 ms

--- 110.0.0.254 ping statistics ---
3 packets transmitted, 3 received, 0% packet loss, time 2023ms
rtt min/avg/max/mdev = 1.051/2.255/4.614/1.668 ms
Kalau keluarannya seperti di atas, lega. Itu artinya koneksi keluar beres. Kalau sampai timeout tidak ada balasan, coba periksa kabel dan hub ethernet anda. Atau barangkali juga si gateway-nya sedang down.TEST PING INTERNET
Nah, sekarang coba ping salah satu komputer di Internet. Biasanya, yang aman buat di-ping adalah DNS server si ISP (Internet service provider).
## Ganti 123.123.123.123 dengan alamat IP Internet yang anda tahu
root:# ping 123.123.123.123
Kalau tidak terbalas, coba lihat tabel routing. Mestinya mirip-mirip seperti ini
root:# route -n
Kernel IP routing table
Destination Gateway Genmask Flags Metric Ref Use Iface
10.0.0.0 0.0.0.0 255.255.255.0 U 0 0 0 eth0
127.0.0.0 0.0.0.0 255.0.0.0 U 0 0 0 lo
0.0.0.0 10.0.0.254 0.0.0.0 UG 0 0 0 eth0
Perhatikan baris terakhir, destination 0.0.0.0 artinya ke semua network, dan kolom gateway-nya harus seauai dengan IP gateway anda. Konfigurator seperti netconfig mestinya sudah men-set ini buat anda. Kalau belum, coba pakai cara manual:
root:# route add default gw 10.0.0.254
Kalau default gateway sudah betul tapi ping internet masih belum bisa juga, ada beberapa kemungkinan: komputer anda di blok oleh si-gateway, setting firewall digateway salah, koneksi gateway ke ISP putus, dll. Buat tahu putusnya dimana, coba
root:# traceroute 123.123.123.123
Tapi biar sudah tahu, biasanya anda tidak bisa berbuat apa-apa, selain menunggu koneksi pulih kembali.Segitu dulu. Kesempatan depan kita bahas trouble shooting DNS.


9. Troubleshooting Pada Modem
Modem atau modulus demulator memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital. Modem ini biasanya digunakan untuk mengkoneksikan komputer dengan internet. Berikut adalah contoh kerusakan pada modem serta cara penanganannya.

Modem Berisik
Saat proses koneksi dengan internet, modem biasanya mengeluarkan suara yang berisik. Tentunya suara ini agak sedikit mengganggu ketenangan anda. Jika anda ingin mematikannya, berikut langkah-langkahnya:
1. Klik Start > Setting > Control Panel.
2. Klik ganda Phone and Modem Options. Pilih modem anda, lalu klik Properties.
3. Pada tab Modem, anda akan menemukan slider untuk mengatur volume suara dri speaker modem.
4. Geser hingga Off > OK. Maka suara berisik tadi akan hilang.

Koneksi Sering Terputus
Anda mungkin kesal ketika sedang mengakses internet koneksinya sering terputus. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penyebabnya, diantaranya kondisi saluran telepon sedang terganggu, mungkin tempat anda berada termasuk daerah blankspot, atau port serial hardware anda tidak mampu menangani keluar masuknya aliran data. Hal ini dapat ditangani dengan cara berikut (kecuali daerah blankspot hendaknya pindah mencari daerah hotspot).
1. Masuk ke Control Panel. Klik ganda Modems.
2. Pada tab General, anda dapat mengubah setting kecepatan maksimum modem. Pilih kecepatan tertinggi, lalu klik OK.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar